31 August 2017

Singgalang, fenomema matahari terbit yang memukau

Terletak dalam pemerintahan kabupaten Tanah Datar, Singgalang merupakan sebuah nagari yang juga memiliki beberapa tempat cantik nan elok. Berada dalam kawasan tiga gunung sekaligus, triarga (Marapi, Singgalang dan simungil Tandikek) membuat tempat ini juga punya beberapa destinasi wisata baik gunung, air terjun dan lain sebagainya. Selain dikelilingi tiga gunung tersebut Nagari ini juga memiliki bukit yang memanjang sepanjang wilayah ini.

Memiliki ketinggian dari 700-1000-an MDPL, membuat nagari ini mempunyai suhu sejuk dan menyenangkan. Dengan dikelilingi gunung gunung yang menjulang tinggi serta bukit bukit yang memanjang sepanjang wilayah singgalang membuat daerah ini punya spot spot keren nan kece. Salah satunya adalah spot melihat matahari terbit ataupun matahari tenggelam.
Sebuah bukit tak bernama yang berdekatan dengan Gunung Tandikek adalah salah satu tempat untuk melihat fenomena ini. Keindahan matahari terbit dari Balik gunung Marapi serta matahari tenggelam dari laut lepas pariaman akan membuat kita takkan melupakan pengalaman satu ini.

Pendakian kebukit ini tidaklah sulit, hanya butuh waktu Kurang dari satu jam. Star pendakian adalah dari Jorong ganting dekat SD 24 Ganting Singgalang. Rute akan dimulai dari sawah sawah penduduk hingga ladang sepanjang tanjakan bukit tersebut. Sepuluh menit pertama kita akan disuguhi pemandangan marapi dan singkarak disebelah kanannya. Semakin mendaki tenaga yang dipakai juga semakin terkuras tapi itu sepadan saat kita sampai puncak.

Pertengahan perjalanan, Singgalang dan Tandikek sudah memanggil manggil, jarak yang begitu dekat membuat kita seolah olah hanya butuh satu kali lompatan untuk sampai kegunung Tandikek dari bukit tersebut. Mendekati puncak kita akan melewati barisan perdu yang membentuk lorong alam, lorong selamat datang (hehe).

Berada dipuncak yang bakal kita temui adalah ladang penduduk, tapi pemandangan sekitarnya sangat mengagumkan. Matahari pagi mulai keluar malu malu dengan semburat merah yang mempesona. Bagaikan kekuatan magis yang tak tertahankan dari keindahannya. Inilah saat saat matahari tak terlalu sombong dan angkuh memamerkan keindahannya, keindahan yang tak bakal bikin menyesal.

Selain pemandangan matahari terbit, dari atas bukit ini bakal menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Jika kita menghadap kerarah Barat maka kita bakal menyaksikan Gunung Singgalang dan Tandikek disebelah kanan kita serta beberapa air terjun yang menyelip diantara lembah lembahnya, dihadapan kita akan dihadiahi pemandangan pariaman dan laut lepas yang luas serta sungai yang berkelok kelok. Jika kita mengarah kearah kiri, barisan bukit barisan bakal memanjakan mata kita, dan tentunya Marapi berada dibelakang kita.

Baik matahari terbit maupun matahari tenggelam sama sama menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan dari spectrum cahaya tampak terpanjang sekaligus terlemah. Mereka menandakan adanya awal dan akhir, dan menegaskan bahwa baik awal maupun akhir Harusnya indah, seolah olah semesta meminta kita membuat awal dan akhir hidup kita juga indah.
Itulah sedikit tentang nagari singgalang, bagiamanpun keindahan suatu tempat Kalau tak dijaga bakal rusak pastinya. Jagalah alam kita, perlakukan dia dengan baik maka hal yang baik bakal datang pada kita.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Our Facebook page