16 August 2017

Puncak Akasia "Tarian ilalang dari tanah Singkarak"

Kalau membahas Sumatera Barat pasti akan lekat dengan ciri khas orang Padang yang jago berdagang, atau masakannya yang paling terkenal di Indonesia (Tak heran kalau Rumah makan Padang ada di seluruh pelosok Indonesia). Namun Sumatera Barat juga memiliki keindahan alam yang tak kalah dari bagian Indonesia lainnya. Salah satu keindahan sumatera barat adalah suatu danau yang menjadi danau terbesar di daerah ini---Singkarak, danau terbesar yang terletak di jalur perlintasan antara Padang Panjang dan Solok ini menawarkan pemandangan yang indah apalagi dikelilingi bukit bukit barisan khas pulau Sumatera.

View singkarak dari puncak akasia
View singkarak dari puncak Akasia
Bukit bukit di Singkarak merupakan bukit ilalang yang indah, bukit yang membuat pemandangan indah adalah pesonannya. Salah satu bukit yang memiliki pemandangan indah dan rekomended untuk dinikmati keindahannya adalah sebuah bukit yang berada di jorong kacang, kabupaten solok. Sebuah bukit yang terkenal dengan nama Puncak Akasia dengan ciri khas ilalang yang indah.

Ilalang yang rimbun di puncak Akasia
Ilalang yang rimbun di puncak Akasia
Membahas tentang puncak Akasia jangan bayangkan bukit ini dipenuhi oleh pohon pohon akasia yang rimbun, tapi sebaliknya dibagian puncak ini tak kentara bahwa ada pohon akasia disana, hanya bukit yang indah yang dikelilingi padang ilalang yang  indah. Ilalang yang tinggi yang mencapai bahu orang dewasa.

View menawan di puncak Akasia
View menawan di puncak Akasia
Berada di jorong kacang, kabupaten Solok atau tepatnya diperbatasan antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, puncak ini menambah deretan indah dari bukit bukit penghuni danau singkarak. Menawarkan pemandangan yang unik dibandingkan tempat lainnya di Sumatera Barat yang umumnya adalah berisi hutan hujan dengan ciri khas pohon pohon besar. Tapi Puncak Akasia dihiasi ilalalng yang umumnya ditemukan didaerah savana di jawa atau timur indonesia.

View terbuka yang memanjakan mata di puncak Akasia
View terbuka yang memanjakan mata di puncak Akasia
Hal yang menjadi bagian spesial dari bukit ini adalah adanya sebuah pohon besar ditengah tengah padang ilalang di puncak bukit ini, pohon yang sangat ikonik. Bukan pohon akasia yang menjadi nama tempat ini, melainkan sejenis pohon jambu yang besar dan kokoh. Tempat berlindung dari ciuman menyengat dari matahari dan tempat ber-hammock diantara dahan dahan pohon yang koko ini.

Pohon yang seolah menjadi "Tuan Rumah"  di puncak Akasia
Pohon yang seolah menjadi "Tuan Rumah"  di puncak Akasia
Tidak akan bosan menghabiskan waktu  di puncak Akasia
Tidak akan bosan menghabiskan waktu  di puncak Akasia


Bagian yang paling menarik dari puncak ini adalah bukan hanya pemandangan ilalang yang disajikan. Tapi alam menyajikan perpaduan yang indah antara indahnya  padang ilalang dengan pohon yang menjadi ikonnya, pemandangan singkarak dibagian bawahnya, bukit bukit yang bergelombang menawarkan harmoni indah dari barisan bukit barisan serta pemandangan lima buah gunung (Marapi, Singgalang, Tandikek, Sago dan Talang)  yang menjulang tinggi, kokoh menjaga tanah peninggalan datuak parapatiah nan sabatang dan datuak katumangguangan ini. Sebuah perpaduan yang harmoni dari alam sumatera barat.

Santai dan nikmati hembusan angin sepoi-sepoi dibawah pohon rindang di puncak Akasia
Santai dan nikmati hembusan angin sepoi-sepoi dibawah pohon rindang di puncak Akasia

Saksikan sunset yang indah di puncak Akasia
Saksikan sunset yang indah di puncak Akasia
Adiak manyuruak di lalang salai, disalo samak bayang nampak juo, usah bakilah ka bakah denai, dibatin nan ko adiak lah tiado”.  Hah, jadi jangan membawa ceweknya yang sedang dicurigai kesini, karena ilalangnya tidak sahalai, jadi susah mencari kalau daia sembunyi disini gengs. Hahahaahaaa.Tapi yang jelas cintailah negeri ini, jangan curigai negeri ini, jagalah keindahnnya agar tetap terjaga sampai kapanpun. INGAT, KEINDAHAN INI BUKAN WARISAN YANG BAKAL KITA KASIH UNTUK ANAK CUCU KITA NANTINYA, TAPI ADALAH HUTANG YANG BAGAIMANA HUTANG HARUS KITA KEMBALIKAN SEPERTI SEMULA DAN KALAU BISA LEBIH INDAH.

Sunset indah di puncak Akasia
Sunset indah di puncak Akasia
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Our Facebook page