11 August 2017

Puncak Happy

Kembali di weekend yang cerah, kami mulai mencari cari lokasi nge-trip yang seru, kemudian kami menemukan puncak dengan nama yang cukup unik, ya Puncak Happy. Saat kami menelusuri puncak ini di internet, ternyata puncak ini cukup populer, kami menyangka lokasi ini akan ramai oleh pengunjung lainnya. Namun karena belum ada alternatif lokasi lain kami memantapkan tujuan ke puncak ini.

Puncak happy berlokasi di Kab. Solok, daerah Guguak Sarai, sekitar 80 km dari kota Bukittinggi dan 60 km dari Padang. Butuh waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam menuju tempat ini dari lokasi kami. Menjelang tengah hari kami mulai berangkat, waktu itu kami berangkat ber-enam. Melewati danau singkarak setelah itu kami pun mulai memasuki daerah solok, sekitar pukul 13:00 kami berhenti sebentar di sebuah mesjid untuk menunaikan shalat dan bersistirahat.

Kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi, kami pun memasuki daerah kota solok, dari kota Solok kami mengambil jalan ke arah Sawah Lunto, sekitar 19 km dari kota solok kami pun sampai di daerah Guguak Sarai, jalan masuk menuju puncak ini terletak sebelum tepat sebelum SD 05 Guguak Sarai, terdapat jalan beton yang menanjak di sebelah kiri. Masuk ke jalan tersebut sekitar 10 menit melalui jalan mendaki beton itu akan terlihat bekas-bekas warung kecil di tepi jalan yang sudah tidak ada pemiliknya lagi dan ada plang bertuliskan "Wisata Puncak Happy" disana.

Kami cukup heran kenapa warung ini tidak ada pemilik lagi ditambah tidak ada pengunjung lain disana, tidak sesuai ekspektasi kami sebelumnya ternyata lokasi ini sudah tidak ramai lagi. Kami juga bertemu dengan seorang warga sekitar, menurutnya dulu tempat ini cukup ramai, namun belakangan sudah mulai berkurang pengunjung nya, sehingga memaksa warung-warung disekitar lokasi tutup.

Di sebelah kiri kita bisa lihat ada jalan kecil mendaki bukit, dari bawah kita bisa lihat ada bendera merah putih yang ditancapkan dan berkibar. Kami yakin itu puncak yang kita tuju, kami mulai naik dari jalan kecil itu, cukup mudah dilalui karena sudah dibuat ber jenjang oleh warga sekitar. Sekitar 10 sampai 15 menit mendaki kita akan sampai di puncak.

Sesampainya di puncak kita bisa melihat pemandangan yang terbuka yang keren!, mulai dari jejeran pohon pinus disebelah kanan, gunung Talang, dan jejerang bukit yang disebelah kiri. Terdapat bebatuan memiliki bentuk yang unik yang condong ke arah jurang berbentuk persegi panjang, ini bisa menjadi spot keren untuk ber-foto.

Namun kita perlu berhati-hati saat berfoto di atas bebatuan tersebut, karena tiupan angin yang kadang kuat, bisa membuat keseimbangan berkurang, dan bisa saja berakibat fatal, karena jurang yang tinggi menanti dibawah, tetap utamakan keselamatan.

Setelah puas menikmati pemandangan dan ber foto dari atas puncak Happy, kami bersiap-siap untuk pulang, kami mulai perjalanan pulang sekitar pukul 16:30 sore, ditengah perjalanan kami berhenti di tepi Danau Singkarak untuk menikmati sunset yang indah.