28 June 2016

Danau Biru Sawahlunto "Sibiru yang Mempesona"

Danau Biru atau Tamosu airnya benar benar berwarna biru dan sangat indah, sehingga danau ini bagaikan surga alam baru di tanah Ranah Minang kita ini Sumatra Barat. danau yang terletak Di Parambahan Kec. Talawi Sawahlunto. Sawahlunto dahulunya merupakan daerah penghasil batubara di Pulau Sumatra oleh karena itu Kota Sawahlunto terlihat seperti kuali dilihat dari atas bukit. Sawahlunto sangat terkenal dengan berbagai objek wisata sejarah yang dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan Dinas Pariwisata, dan dengan adanya danau biru objek wisata di Sawahlunto akan semakin kaya dengan tambahan wisata alamnya.



nah kali ini saya akan menceritakan bagai mana perjalanan menuju danau biru, untuk sampai di danau biru kita dapat melewati Taman Satwa Kandi terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan tanah bebatuan diarea pertambangaan. perjalanan kali ini kami hanya bertiga saja pergi bersama danny kyle dan saudara baru kami pak Andes (Bojeng Petualang) yang kebetulan tinggal di muaro sijunjung dan karnasudah hafal dengan seluk beluk jalan di daerah ini. untuk sampai didanau biru disarankan menggunakan kendaraan khusus atau menggunakan sepeda motor, mobil yang cupuk tangguh untuk melewati medan ini, karna jalan berbatu yang cukup tajam dan jalan cukup terjalan menuju danau biru. kalau anda ragu jalan menuju danau biru, jangan sungkan untuk bertanya kepada  warga setempat, warga setempat akan menunjukan lokasinya.



Danau biru merupakan danau yang tidak sengaja terbentuk, danau ini merupakan cekungan bekas galian tambang batu bara yang lama kelamaan berubah menjadi danau kecil yang sangat indah. Sawahlunto sebelumnya sangat mengadalkan batubara sebagai sumber utama perekonomian, seiring dengan semakin sedikitnya batu bara, bekas bekasnya pun disulap menjadi objek wisata yang sangat indah.
sebelum sampai di lokasi danau dalam perjalanan bebatuan dan terjal di area ketingian terbuka kita akan disapa dengan empat gunung yang berjajar dengan gagahnya yaitu gunung tantikek, gunung singgalang, gunung marapi dan gunung sago dan hamparan bebukitan yang hijau menyambut kedatangan kita. sampai di danau biru sawah lunto kita juga disajikan pemandangan sangat unik. danau biru dengan berpadu dengan pepohanan yang hijau di tebing tebing batu sehingga membuat tempat ini bagaikan oasis yang benar benar sangat indah. tidak hanya terdiam kami pun mengabadikan setiap sudut keindahan danau biru ini.



beberapa danau bekas tambang di Indonesia sanagat indah dan mempesona, danau danau tersebut memang indah tapi terkadang meninggalakan cerita miris dimana lahan bekas tambang tidak direhabilitasi dan menyisakan bekas tumpukan tambang. sekarang banyak bekas tambang menjadi objek wisata, dan untuk semua penikmat keindahan mari kita jaga dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga membuat tempat yang indah memjadi buruk yang sebenarnya sudah rusak akibat akitifitas tambang. bawah sampah yang sudah kita buat dari bekas makanan yang dimakan dan membuang ketempat pembuangan sampah.

“KEEP YOUR ADVENTURE SAFETY, SAVE OUR NATURE AND HAPPY” NIKMATI ALAM TANPA MERUSAK KEINDAHANNYA

By : TML Adventure


Share:

1 comment:

Translate

Our Facebook page