16 June 2016

Gunung Masurai dan Keindahan Danau Kumbang

ini cerita kami dalam melakukan pendakian gunung masurai di jambi, mungkin belum banyak orang mendengar nama gunung masurai, gunung masurai terletak di taman nasional kerici seblat (TNKS). gunung masurai terletak di kabupaten merangin propinsi jambi. gunung masurai memiliki daya tarik tersindiri untuk di daki yaitu gunung masurai memiliki beberapa danau, yang cukup terkenal adalah danau mabuk dan danau kumbang, yang merupakan termasuk dalam danau vulkanik tertinggi dan gunung masurai memang jarang terjamah oleh masusia.

padang panjang - dhamasraya 25 mei 2016
perjalanan kami mulai dari padang panjang setelah menunggu teman dari payakumbuh yaitu danny kyle, setelah selesai packing semua perlengkapan pendakian dan menaikan keatas motor kami berdua berangkat ke dhamasraya jam 7.30 malam dan memulai perjalanan panjang kami. menikimati perjalanan sepanjang malam sampai di dhamasraya pukul 1.00 malam tgl 26 mei 2016 disana sudah ada teman satu lagi menunggu sebut saja nama alfi hamdi akbar (bg bro). sampai dirumah bg bro kami pun beristrahat untuk perjalan pagi.

dhamasraya - bangko 26 mei 2016
pagi terbangun dari dunia mimpi kami siap siap dan sarapan dan mengangkat carrier masing kemobil menuju jalan lintas, dan menunggu mobil menuju bangko. cukup lama menunggu mobil menuju bangko akhirnya jam 11.30 kami dapat mobil bus menuju bangko, selama perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan sebra hijau, perbukitan, perkebunan kelapa sawit cupuk lama 3 jam perjalanan dengan bus kami sampai dikota bangko pukul 3.00 sore. perut yang sudah mulai lapar kami pun berjalan mencari rumah makan dan menghubungi sekre KPA GEMMPA Bangko. setelah makan pun kami dijemput teman-teman dari KPA GEMMPA dibawa ke Sekre KPA GEMMPA, disana kami disambut dengan tangan terbuka dan senang hati, berkenalan dengan semua keluarga besar kpa gemmpa saling bercengkrama dan bertukar tukar cerita dengan ceria. hari pun sudah mulai sore kami melanjutkan perjalanan menuju desa sungai lalang yaitu desa tempat memulai pendakian gunung masurai, kami pun dibantu cari mobil menuju desa sungai lalang oleh kawan kawan dari kpa gemmpa. berangkat dari base sekre kpa gemmpa pukul 5.30 sore menuju sungai lalang, perjalanan menuju sungai lalang memakan 3 jam perjalan dan sampai disungai lalang pukul 9.20 malam, kami menginap dirumah Bg Penas yang juga keluarga besar dari kpa gemmpa sekaligus kami disana melapor untuk pendakian gunung masurai. disana pun kami disambut dengan tangan terbuka. pendakian akan kami lakukan besok pagi, sebelum istrahat kami bercerita cerita dengan bg penas bagai mana trek pendakian yang akan kami lakukan besok panjang cerita hari pun mulai larut kami pun memutuskan istrahat untuk menjaga kondisi.

sungai lalang - puncak 1 gunung masurai 27 mei 2016

pendakian dimulai pukul 9.50 pagi dari rumah bg penas tempat kami menginap dan menuju jl. gunung masurai yang terletak tidak jauh dari tempat kami menginap. terus berjalan dengan matahari dengan cerahnya bersinar melewati perkebunan kopi milik warga, dan kita akan melewati semacam terowongan semak semak yaitu jalan setapak yang di kelilingi semak dan ranting - ranting dari bagian samping sampai atas menyerupai terowongan. lama berjalan hari sudah menunjukan 12.30 kami sampai di pintu rimba dan istrahat sejenak mengatur nafas, disini dedaunan berwarna hijau, tanah basah yang masih berlumut, jalan setapak yang masih dikelilingi oleh semak belukar menandakan memang gunung Masurai masih jarang tereksplorasi dan inilah yang membuat keindahan di gunung Masurai terlihat alami dan natural. disini hanya suara kami saja yang terdengar dan sesekali suara kicauan burung dengan merdunya berkicau dan suara serangga dipepohonan.

perjalanan kami lanjutkan kembali sekitar 1,5 jam kami menemukan lahan kosong dimana dapat mendirikan tenda dan merukan shalter 1 dan disini juga terdapat sumber air yang tidak jauh dari shalter 1, kira kira 5 menit perjalanan untuk sampai di sumber air. disini mengisi perbekalan air kami dan istrahat sebentar makan perbekalan yang kami bawa dan melanjutkan kembali perjalanan. perjalanan baru kami mulai dari shalter 1 hujan pun turun dengan cukup deras kami pun berhenti untuk memakai mantel, "ingat teman dalam pendakian jangan sampai kita lupa membawa mantel karna sewaktu waktu dapat turun hujan untuk menghindari badan bawah kuyup agar terhindar dari hypothermia" .

perjalanan kami lanjutkan kembali setelah menggunakan mantel dan selama perjalanan jalur cukup curam dan jalan pun agak mulai licin karna dibasahi hujan dan banyak pepohonan yang ditumbuhi lumut menambah hijaunya hutan seperti hutan lumut, dan sering juga kami mesti melewati pepohonan yang tumbang yang mesti menunduk untuk melewatinya. hari pun sudah mulai gelap headlamp pun sudah kami siapkan,,, kaki yang sudah mulai lelah berjalan nafas yang sudah mulai ngos ngosan kami pun sampai di persimpangan yang menunjukan menujuh arah danau mabuk dan danau kumbang, kami terus berjalan menuju danau kumbang dan tidak lama berjalan setelah itu terdapat subuah tempat terbuka yang cukup luas kira kira bisa mendirikan untuk 3 tenda dan itu merupakan puncak 1 waktu sudah menunjukan pukul 18.15 sore. tenda pun sudah berdiri yang sudah dulu didirikan oleh pak danny kyle yang sudah duluan menuju puncak 1, kami pun langsung ganti baju dan istrahat dan memasak air untuk menghangat kan badan yang mulai kedinginan.

puncak 1 - danau kumbang 28 mei 2016
pagi mentari muncul dengan malu-malu dibalik awan menyapa kami menghapus dinginnya malam dan menggantikan dengan kehangatan. pemandangan dapat kita pandagi dari sini sangatlah indah dangan latar hutan dan lereng gunung masurai dan dari sinin kita dapat melihat keindahan danau kumbang dari puncak 1 ini, dan sebelah kanan dari arah puncak satu tidak kalah indah pemandangan gunung hulunilo, gunung sumbing, dan gunung kerinci seakan menapap kami dengan keindahannya. kami pun mengabadikan momen indah ini dengan jepretan kamera dan mensyukuri nikmat keindahan gunung masurai yang telah tuhan ciptakan meski bukan dari puncak tertinggi. cukup puas menikmati keindahan dari puncak satu kami pun sarapan pagi dulu sebelum melanjutkan perjalan menuju danau kumbang.

09.00 pagi kami mulai perjalan menuju danau kumbang yang satu arah menuju puncak top kira kira 3 sampai 4 jam perjalanan sampai puncak top, dan terdapat juga shalter 2 menuju puncak top. jalanan setelah puncak 1 ini lebih banyak lagi hutan lumutnya yang menadakan jarang orang melewatinya dan benar benar masih terjaga alamnya, hijau, lembab, dan basah hutan setelah puncak satu ini. tidak lama setelah puncak satu kita akan menemukan persimpangan menuju danau kumbang, persimpangannya belok kiri dan untuk menuju puncak top gunung masurai kita mesti lurus.
kami melanjutkan perjalanan menuju danau kumbang yang merupakan satu dari beberapa danau yang terdapat di gunung masurai yaitu danau kumbang, danau mabuk, danau merah, dan danau larangan. jalan menuju danau kumbang lumayan terjal kita mesti berpegangan pada urat pepohanan tanjakan ini dikenal juga dengan tanjakan setan. setelah 1 jam perjalan kami sampai di danau kumbang. subhanallah.... begitu yang terucap dari mulut kami melihat keindahan danau kumbang.

refleksi pepohonan terlihat jelas diair danau kumbang yang berwarna kehijauan. sesekali dapat melihat gemercik dan riak air danau kumbang yang ditiup angin lembah gunung masurai. kebetulan waktu itu air danau agak naik dikarenakan musim ujan kemaren tapi teras danau yang hijau terlihat sangat menakjubkan dan udara yang begitu menyegarkan membuat kami benar benar bersyukur diberi kesempan untuk dapat menikmati keindahan gunung masurai yang benar benar alami dan masih terjaga.

disekitaran danau kumbang kita juga dapat mendirikan camp, karena disini terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda. tidak sadar hari sudah menujukan pukul 11.15 kami benar benar terlena dengan keindahan alam gunung masurai dan danau kumbangnya, kami pun kembali keatas menuju camp dan membawa perbekalan air sampai di camp jam 12.20 kami langsung memasak dan packing dan melanjutkan perjalan turun sampai di perkebunan kopi milik warga sudah gelap dan sempat diguyur hujan deras kami sampai di rumah bang penas 7.20 malam tempat kami menginap.

desa sungai lalang - dhamasraya 29 mei 2016
perjalanan pulang dari sungai lalang kami naik mobil travel dipagi hari. sampai di bangko pukul 10.00 kami mampir lagi ke sekre kpa gemmpa sampai disana kami pun ditahan dulu bercerita cerita sampai sore kami diantar naik mobil kedhamasraya. pendakian kali ini memberikan kesan yang sangat sangat menyenakan. kami mendapatkan teman, abang dan keluarga baru disana, "ALAM MEMPERSATUKAN KITA".

“KEEP YOUR ADVENTURE SAFETY, SAVE OUR NATURE AND HAPPY” NIKMATI ALAM TANPA MERUSAK KEINDAHANNYA

“GUNUNG INDAH TANPA SAMPAH”