12 September 2017

TARUKO, tabiang takuruang ampek koto


TARUKO, tabiang takuruang ampek koto begitulah orang mengenalkannya kepada saya, taruko awalnya merupakan barisan bukit yang mengelilingi ngarai sianok, namun karna faktor alam (mungkin gempa bumi) mengakibatkan bukit tersebut terpisah dari barisan bukit yang mengelilingi ngarai sianok.


"sendiri" tidak selalu merupakan hal yang buruk, bukit ini contohnya. ia menjadi primadona di kawasan ngarai sianok, bentuknya yang unik menjadi nilai lebih tersendiri bagi tiap pasang mata yang melihatnya, terlebih dipuncak bukit tersebut terdapat satu batang pohon yang sampai saat ini masih tumbuh, ya satu batang pohon saja. menarik bukan?.

Masyarakat setempat yang menyadari akan keunikan bukit ini yang berpotensi menjadi tujuan wisata yang unik dan "primadona" di daerah ngarai telah membuat cafe strategis disekitaran area bukit tersebut, tapi cerita kali ini bukan tentang cafe tersebut, kita akan menikmati keindahannya dari sisi yang lebih tinggi.


untuk mencapai lokasi tersebut kita akan melalui jalan yang sama dengan cafe taruko tsb, kita lanjut lurus kedalam, ikuti jalan tersebut (bisa dilalui mobil) setelah melewati jembatan kecil akan ada pertigaan, belok kiri. (update: ada cafe baru kabarnya disekitar sini, cafe kapal gitu ya?) ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan jalan mendaki beraspal (bisa dilalui mobil). sesampainya diatas, kita akan berada diperkampungan, disini kita bisa menitipkan kendaraan kepada warga,(biasanya kami menitipkan kendaraan dirumah pertama sebelah kanan) dari sini kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati pematang sawah lebih kurang 10 menit,.


dilokasi ini merupakan tempat terbaik kami dulu untuk bersantai sore sambil menikmati pemandangan tabiang takuruang IV (ampek) koto atau akrab disebut dengan Taruko. dengan membawa kopi ditambah dengan cemilan cepuluh, matahari sore dilepas dengan penuh perasaan bahagia. 
menikmati keindahannya ditambah secangkir kopi, Sempurna!

untuk mencapai lokasi dengan mudah, silahkan ikuti koordinat berikut melalui google maps gadget anda. klik disini
batas kendaraan klik disini

gunung singgalang, salah satu panorama yang bisa dinikmati dari lokasi
Marapi jo Singgalang, dari taruko.. RANCAK BANA

Ingat sefety is number one priority, but dont forget to keep funny, because safety can be fun :v
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Our Facebook page