28 September 2017

Sikadunduang---Nuansa matahari dari negeri diatas awan

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagian dari nagari singgalang, tepatnya dijorong sikadunduang, satu dari 8 Jorong yang ada di nagari ini, sebuah daerah pertanian dengan ketinggian lebih dari 1000 MDPL dan tepat berada dibagian gunung singgalang, membuat daerah ini memiliki suhu yang dingin. Dan Jika kita kembali kemasa beberapa waktu lalu di daerah sini terkenal dengan lobak singgalangnya yang melegenda, walau keberadaannya nyaris punah.

Bagian menarik dari tempat ini, Jorong sikadunduang bagi saya adalah pemandangan ketika munculnya matahari yang malu malu memancarkan semburat jingga dari spectrum cahaya paling panjang sekaligus paling lemah. Munculnya sang surya yang memecah keheningan malam dan menandakan waktu Istirahat sudah berakhir.

Pemandangan matahari terbit dari atas sini Sangatlah memukau, dari Balik Gunung Marapi yang gagah menjaga tanah minang ini, matahari mulai memamerkan kegarangannya (kegarangan yang timbul dari Reaksi fusi matahari yang menyatukan Hidrogen menjadi helium). Warna jingga keemesan menjadi bagian yang tak bisa dilupakan, apalagi Kalau diselingi kabut tipis pagi yang memantulkan cahaya matahari membuat pemandangan tak ada duanya.
Dinginnya suhu dipagi hari, bukanlah hambatan untuk menyaksikan keindahannya, dingin dan pekatnya malam akan pudar dan hilang seiring munculnya sang Surya, perlahan mengusir dingin yang menjerat. Tak ada hari istimewa untuk menyaksikan pemandangan ini, tapi sekitar pertengahan tahun atau sekitar bulan juni adalah saat yang paling tepat, karena posisi matahari tepat dibelakal Gunung Marapi.

Sebenarnya tidak hanya matahari terbit yang memukau disini, pemandangan matahari tenggelam pun tak kalah indahnya. Tapi biasanya keindahan matahari tenggelam tak mudah didapatkan karna biasanya sore sering di tutupi kabut. Tapi Kalau beruntung mendapatkannya pasti kalian takkan berhenti bersyukur menyaksikan keindahan tersebut.
Disinilah, di Jorong paling tinggi dinagari singgalang ini, saksi Tuhan menciptakan keindahan alam sumatera Barat tergambar. Kokohnya Gunung Marapi, Singgalang dan Tandikek atau triarga lebih dikenalnya menjulang tinggi menjaga ranah bundo kanduang ini. Dari sini juga akan menyuguhi pemandangan laut pariaman, Danau singkarak, serta bukit bukit barisan yang hijau. Selain itu, Kalau beruntung kita bakal melihat keberadaan Gunung Talang yang malu malu mengintip dari balik bukit.
Sebenarnya bukan hanya pemandangan matahari terbit yang memukau disini, ada sebuah air terjun yang lumayan indah disini, air terjun "pamandian angku lareh". Tapi sayang, keberadaan air terjun ini sudah tak terawat, bagian lubuk air terjun ini tertutup timbunan longsor dan pohon tumbang. Dan untuk mencapai air terjun ini tidaklah sulit, hanya butuh berjalan beberapa menit, ditambah lagi diselingi pohon cemara di sepanjang jalannya.

Merupakan bagian tertinggi di nagari singgalang, dan berada di ketinggian lebih dari 1000 MDPL, membuat Jorong sikadunduang ini sering ditutupi kabut yang senang mencium tanahnya, membuat seolah olah berada didaerah yang penuh aura mistis (hahhaaa, agak lebay sich).
MIST CREATED A MYSTERIOUS THING THAT IS ALSO CREATED A MYSTICS, hahahaa.
See yaaaa....
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Our Facebook page