07 September 2017

Langkuik barangin, Surga tersembunyi malalak gak ada habisnya

Langkuik Barangin

Langkuik Barangin, demikian masyarakat setempat menyebutnya, berlokasi di Malalak, kenapa disebut langkuik barangin? mungkin karena air terjun ini diapit kiri dan kanan dengan tebing. Saat kita berada dibawah air terjun, kita akan sangat merasakan terpaan anginnya walau sudah berdiri beberapa meter dari lokasi jatuhnya air terjun.

Untuk mencapai lokasi dari pusat kota Bukittinggi membutuhkan waktu lebih kurang satu sampai dua jam, perjalanan disarankan menggunakan sepeda motor, dan dilanjutkan dengan trekking 10-20 menit.
Lokasi Awal Trekking

Jalur yang akan ditempuh saat perjalanan motor cukup ekstrim, turunan yang tajam (melewati bibir jurang), jalan yang berlobang. merupakan jalan yang akan dilalui, jadi disarankan untuk menggunakan motor yang kondisi motornya prima, bertenaga dan rem dalam kondisi yang baik. (Motor Matic NOT Recomended)

Pemandangan Hijau yang memanjakan mata yang menemani sepanjang jalur trekking

Jalan Menyusuri Aliran Langkuik barangin
Jalan menyusuri Aliran Langkuik Barangin
Sehabis jalan setapak dengan motor, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, pertama melalui pematang sawah, dengan pemandangan khas sawah berjenjangnya malalak, dilanjutkan dengan memasuki hutan, menuruni tebing hingga nanti sampai di bibir sungai (aliran langkuik barangin) lanjutkan dengan menelusuri hulu sungai tersebut, hingga akhirnya sampai pada lokasi Langkuik Barangin.

hhmmmm,, safe kok

Perjalanan kelokasi ini sangat TIDAK disarankan saat cuaca mendung apalagi hujan, karena saat menyusuri sungai. kiri dan kanan pandangan hanya tebing, hal yang sangat ditakuti jika saat perjalanan debit air meningkat dan datang air bah.
Happy Groufie I

Happy Groufie II
Ingat sefety is number one priority, but dont forget to keep funny, because safety can be fun :v