24 March 2015

Keindahan di Kaki Gunung Singgalang

Pagi waktu itu tanggal 21 maret 2015 waktu masih dalam keadaan tertidur tiba-tba hp sanya berdering ternya kawang yang menghubungi pergi bertualang lagi, sebelumnya malam kita sudah komunikasi tentang planing untuk hari esok tetapi kita ngak ada planing eee tau tau nya pagi di telpon ajak pergi bertualang lagi melihat keindahan di kaki gunung singgalang, eiittsss,,,, langsung saja saya bilang OKAY, biasa sobat TML (Takana Malompek Langsung) hehehheheh….
Kami pun langsung siap siap packing siapin alat alat yang diperlukan untuk bertualang karna persiapan perlengkapan tu harus,,, safety tetap utama dan slesai packing pun berangkat dimana tempat kami rencanakan bertemu saya pun langsung berangkat kelokasi sampai disana ternyata teman saya sudah sampai duluan, kali ini kami yang berangkat beranggokan lima orang dan kami pun langsung iyuran untuk membeli perbekalan dan langsung berangkat ketujuan kami yaitu,,,, tunggu dan lanjutin ja bacanya sobat hehhee..

panorama dibukit jalan menuju nagari toboh dengan latar mt. singgalang
Kami berangkat dari bukittinggi arah padang luar dan lanjutkan perjalan ke arah balingka yaitu arah jalan ke danau manijau, dan sekitar 30 menit kita sampai di daerah balingka Kec. IV koto dan lanjutkan perjalan arah kecamata malalak disni adalah tempat tujuan kami kali ini trus melanjutkan perjalanan menuju Kec. Malalak untuk sampai ketujuan diperlukan lagi waktu kira kira kurang lebih tiga puluh menit lagi untuk sampai di tujuan, dalam perjalan ketujuan kita dapat melihat hijaunya perbukitan disepanjang perjalan dan di tengah peralan pun kami juga mendapati sebuah air terjun yang cukup indah dan kami pun berhenti sejenak untuk melihan dan mengabadikan moment tersebut hehehhe,,,
sekitar lima belas menti berhenti kami melanjutkan perjalanan kami dan sudah cukup lama di jalan kita dapat menikmati indahnya kec. Malalak dari ketinggian dari atas bukit kita dimanjakan oleh indahnya panorama kec. Malalak dan kota pariaman serta kita dapat meliah bibir pantai jika cuaca cerah tempat ini pas bangat buat lihat matahari tenggelam..
foto saya waktu melihat air terjun dalam perjalanan

Kembali lagi ke peralanan setelah cukup lama kami pun sampai di daerah tempat tujuan kami kali ini yaitu di nagari toboh jorong bukik malanca kec. Malalak kami pun langsung pergi kerumah warga untuk meminta ijin masuk kelokasi tujuan kami dan menitipkan motor kami, setelah ijin dengan warga setempat kami langsung berangkat menuju lokasi tujuan sampai di pintu masuk tujuan kami pun bertemu dengan anak anak setempat atau si bolangnya nagari bukit malanca.

foto ini diambil waktu akan memulai perjalanan ke air terjun (pintu masuk air terjun)
Kami ajak saja ikut dengan kami ke lokasi tujuan serta menjadi petunjuk jalan kami dan si bolang pun mau kami ajak pergi perjalanan pun semakin seru dengan ditemani oleh sibolang suasana semakin bersemangat, kami pun terus berjalan kelokasi tujuan dipandu oleh sibolang, trek kali ini kita memasuki hutan dan melintasi sungai dan menyisiri anak anak sungai, dari pintu masuk perjalanan untuk sampai kelokasi dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalan kami pun terus menyisiri hutan dan melintasi sungai yang kami lewati, dalam perjalanan kami pun senda gurau degan sibolang membuat suasana makin bersemangat untuk mengilangkan rasa lelah berjalan dan setelah melakukan perjalanan selama empat pulun menit kami sampai di tujuan pertama yaitu keindahaan dikaki gunung singgalang air terjun siburai burai sungai janiah pertama yang dari tadi saya ceritakan kemena tujuan kami dari tadi.

air terjun siburai burai sungai janiah yang pertama kami temui

Air terjun pertama ini cukup tinggi dan memiliki dua buah lubuk dibawahnya benar benar indah dan menakjubkan tempat ini, kami pun berhenti sebentar dan melanjutkan perjalanan ke air terjun siburai burai sungai janiah yang pertama kata sibolang tempatnya lebih indah lagi dari yang pertama dan kami pun semakin bersemngat dan melanjutkan kembali perjalanan menuju air terjun kedua tersebut karna saat balik kita juga akan melalu air terjun pertama ini dan kami melanjutkan ke air terjun kedua yang paling atas dengan hanya menyisri tepi tepi sungai dan membutukan waktu sebentar kira kira 15 menit kami pun disapa oleh dentuman air terjun yang jatuh dari atas yang begitu indah dan mengagumkan begitu indahnya alam ranah minang ini,,, air terjun yang tinggi dengan airnya yang besar jatuh membasahi batu batu tebing air terjun membuat kami terpukau melihat keindahan air terjun siburai burai sungai janiah ini dengan rasa syukur kami dapat melihat keindah alam ini begitu sempurna Allah menciptakan alam ini, Semoga kita semua dapat menjaga dan melestari kan alam ini.

air terjun siburai burai sungai janiah yang kedua kami temui

keindahan air terjun siburai burai sungai janiah

Dan kami pun beristrahat dan tanpa lama lama kami pun langsung saja mengabadikan moment ini dengan berfoto dengan sibolang yang sudah menunjukan kami tempat yang begitu indah dengan penuh tawa kami terus menikmaik keindahan air terjun siurai burai sungai janiah dan kurang lengkap rasanya jka ke air terjun kita tidak mandi ya ngak sobat heheheh kami pun bersama menyebur kelubuk air terjun dan hempasan embun embun dari air terjun yang dingin dapat kembali menyegarkan kembali badan ini.

foto bersama sibolang dan ajank yang disebelah kiri saya
ilhan dan anjank rekan dari TML
Sudah cukup lama mandi kami pun memasak bekal yang kami bawa dan menyantanya bersama sama dengan sibolang. Perutpun sekarang sudah terisi kembali kami dan sibolang kembali berfoto foto di air terjun heheheheh dan melnjutkan perjalanan balik ke air terjun pertam tadi karna hari pun sudah melai mendung kurang bagus berlama lama di air terjun pertama karna kalau hari hujan dapat membuat intesitas air cepat besar dan kita pun bisa terjebak untuk melintasi sungai,,, dan setelah lima belas menit berjalan kami pun sampai kembali di air terjun yang pertama untuk sampai di lubuak air terjunnya kami pun mesti menuruni tebing yang cukup landai untuk menjaga keselamatan semua kita mesti turun dengan tali yang di ikatkan kepohon yang cukup kuat dan menuruni tebingi tersebut dan menikmati dentuman air terjun yang turun masuk dalam lubuknya cukup lama kami disini menikati keindahan air terjun.
perjalanan turun keair terjun yang pertama dengan sibolang

Kami pun melanjutkan kembali perjalanan keluar dari hutannya dan sampai di pintu masuk air terjun tadi kami pun digurur hujan deras yang cukup lama untung kami semua cepat balik karna klu lama lam di dalam perjalan kami bisa terjebak dengan air sungai yang besar saat hujan turun…
petualangan kali ini bener bener sangat menakjubkan dan begitu indah ditambah lagi kami di perjalanan menuju air terjun ditemani sibolang,

Sebenarnya masih banyak lagi air terjun yang terdapat di kec. Malalak ini karna akses yang kita kurang tau dan trek untuk sampai di air terjun juga membutuhkan perjuangan,,,
dan air terjun lainnya yang pernah kami pergi di daerah kec.malalak ini yaitu air terjun siburai burai sasai begitu warga setempat menyebutnya air terjun yang cukup tinggi juga,

foto di air terjun siburai burai sasai

Letaknya juga tidah jauh dari jorong bukik malanca letaknya kalu tidak salah di jorong campago tepatnya jorong sebelun bukik malanca yang kami lalui d perjalanan tadi.

“cerita kami ini hanya sekedar ingin berbagi, betapa indahnya alam rana minang ini dengan syarat “JANGAN RUSAK KEINDAHANNYA””